Pelda Agus Priyanto turun ke Ladang Bantu Petani Kacang Tanah di desa Malangan.

Sukoharjo (23/12/23) Babinsa Koramil 03 Bulu Dim 0726/Sukoharjo wilayah desa Malangan Pelda Agus Priyanto tengah melaksanakan salah satu fungsi pembinaan teritorial di bidang Pembinaan Ketahanan Wilayah dengan melaksanakan pendampingan Petani menanam Kacang tanah rangka Program Ketahanan Pangan di wilayah binaan di Ds Malangan, Kec Bulu, Kabupaten Sukoharjo.

Tampak Pelda Agus Priyanto menyambangi para warga Ds Malangan yang tengah melaksanakan penyiapan lahan untuk ditanamai kacang. Menurut Babinsa Kacang tanah dapat dibudidayakan di lahan kering (tegalan) maupun di lahan sawah setelah padi. Kacang tanah dapat ditanam pada tanah bertekstur ringan maupun agak berat, yang penting tanah tersebut dapat mengatuskan air sehingga tidak menggenang.

"Dalam penyiapan lahan, secara teori tanah dibajak dua kali sedalam 15–20 cm, lalu digaru, dan diratakan, dibersihkan dari sisa tanaman dan gulma, dan dibuat bedengan selebar 3–4 meter," ungkap Babinsa. "Antar bedengan dibuat saluran drainase dalam 30 cm dan lebar 20 cm yang berfungsi sebagai saluran drainase pada saat becek, dan sebagai saluran irigasi pada saat kering," lanjutnya.

Dengan kehadiran Babinsa di desa menurut para warga turut mempengaruhi mereka dalam bekerja, Babinsa dijadikan para warga sebagai penyemangat untuk tidak menyerah dengan tantangan yang ada.

"Kami sebagai masyarakat, khususnya petani merasa sangat terbantu dengan hadirnya bapak TNI yang memberikan masukan-masukan positif dan pengetahuan baru kepada kami, Semoga hasil panen nanti mendapatkan hasil yang maksimal," ucap salah seorang warga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Babinsa Sanggrahan hadiri Sharing desa wisata Sanggrahan Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo

Babinsa Koramil 08 Baki melaksanakan Pendampingan Posyandu Balita dan Lansia Desa Siwal .

Cor Rabat Beton di Jalan Setapak Dukuh Tiyoko diharapkan dapat memperlancar segala aktifitas warga