Dukung program ketahanan pangan, Babinsa Koramil 06 Kartasura dampingi petani Kertonatan rawat kebun tomat.

Sukoharjo (26/11/23) Babinsa Koramil 06 Kartasura Dim 0726/Sukoharjo wilayah Ds Kertonatan Serda Endra melaksanakan kegiatan Pembinaan Ketahanan Wilayah bidang Ketahanan Pangan dengan melaksanakan pendampingan petani di ds.Kertonatan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

Hari itu Serda Endra menyambangi para warga ds.Kertonatan yang tengah melaksanakan pemeliharaan kebun tomat. Menurut Babinsa bahwa selain pemupukan yang tepat, pertumbuhan dan kesuburan pertumbuhan tanaman tomat juga memerlukan penyemprotan dengan insektisida untuk mengusir serangga pengganggu dengan takaran yang tepat.

Pasalnya hama dapat mengganggu pertumbuhan tomat. Akibatnya jika tanaman tomat diserang oleh hama adalah tanaman tomat dapat saja tidak berproduktivitas tinggi lagi atau bahkan tanaman tomat dapat saja mati. Hama dapat menyerang tanaman tomat bukan karena tidak ada sebab. Penyebab dari adanya hama adalah karena gulma tidak pernah disiangi atau dibersihkan.

"Selain itu, genangan air yang diakibatkan dari penyiraman yang terlalu berlebihan juga menjadi penyebab dari serangan hama," ungkap Babinsa.

Pembersihan lahan kebun dari gangguan Gulma juga sangat penting. Rumput di sekeliling tanaman-tanaman ini juga harus selalu dibersihkan sehingga ketersediaan makanan untuk tanaman tanaman ini tidak diserap oleh gulma atau rumput pengganggu.

Disela-sela kegiatan membantu petani, Serda Endra menyampaikan bahwa tindakan paling dini dalam upaya menghindari kerugian akibat serangan gulma adalah pencegahan untuk mengurangi pertumbuhan gulma itu sendiri dengan cara mencabutnya langsung.

"Pencegahan tersebut merupakan langkah yang paling tepat untuk menjamin tumbuh kembangnya tanaman tanaman tomat, sehingga kerugian yang ditimbulkan dari bahan kimia pembunuh gulma serta gangguan dari gulma itu sendiri bisa dihindari," tutur Babinsa.

Babinsa mengatakan beberapa pengganggu tanaman tomat yang perlu diwaspadai antara lain Kutu daun thrips tomat, Ulat buah tomat, Kutu daun aphis hijau pada tomat, Ulat Tanah (Agrotis ipsilo Hufn), Lalat Buah (Bactrocera sp) dan Ulat Grayak ( Spodoptera liture F ).

Dengan kehadiran Babinsa di desa menurut para warga turut mempengaruhi mereka dalam bekerja, Babinsa dijadikan para warga sebagai penyemangat untuk tidak menyerah dengan tantangan yang ada. "Kami sebagai masyarakat, khususnya petani merasa sangat terbantu dengan hadirnya bapak TNI yang turut guyub rukun membantu kami, Semoga hasil panen nanti mendapatkan hasil yang maksimal," ucap salah seorang warga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Babinsa Sanggrahan hadiri Sharing desa wisata Sanggrahan Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo

Babinsa Koramil 08 Baki melaksanakan Pendampingan Posyandu Balita dan Lansia Desa Siwal .

Cor Rabat Beton di Jalan Setapak Dukuh Tiyoko diharapkan dapat memperlancar segala aktifitas warga